Thursday, August 16, 2007

Perlu Ditambah

JAKARTA(SINDO) – Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) DKI Jakarta Margani M Mustar meminta Dinas Perhubungan segera menambah armada bus sekolah.

Sejak beroperasi Juli lalu, ternyata masih banyak pelajar yang tidak tertampung oleh bus tersebut. Akibatnya, banyak yang pelajar menunggu lama di halte, bahkan ada yang pindah ke angkutan umum.

”Bus sekolah ini akan lebih efektif jika ditambah lagi. Dengan begitu, animo pelajar akan meningkat terhadap bus ini,” kata Margani di Balai Kota, kemarin. Margani mengatakan, selain penambahan bus,pelayanan juga perlu ditingkatkan agar pelajar lebih memanfaatkan bus sekolah ini.

Selama ini, pihaknya terus menyosialisasikan bus sekolah di sela-sela jam belajar mengajar di sekolah. ”Butuh waktu dan sosialisasi yang intensif,” imbuhnya. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bus Sekolah Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sihol Sijabat berjanji menambah bus sekolah. Saat ini terdapat 34 bus yang mampu menampung 40 orang per bus.

Satu unit bus menelan anggaran sebesar Rp400 juta. ”Tahun ini akan menyusul tiga unit lagi.Pada 2008 diperkirakan ada tambahan sebanyak 20 bus lagi.Nantinya,keseluruhan armada berkisar 200–300 unit,” bebernya. Sihol menjelaskan, untuk pengoperasian bus sekolah, pihaknya akan menempatkan dua petugas di setiap bus. Selain itu, sejumlah petugas ditempatkan di 38 halte yang dibangun senilai Rp50 juta.

”Sebelum naik, petugas terlebih dulu memeriksa tanda pengenal atau kartu pelajar. Bahkan, tas milik pelajar juga tak luput dari pemeriksaan,” ucapnya.


No comments: