Wednesday, July 18, 2007

Bus Sekolah yang ku tunggu... ku tunggu..



Ini kabar yang benar-benar menggembirakan. Setelah 40 tahun hanya berupa lagu karya Koes Bersaudara, pada 19 Juli besok 34 buah bus sekolah akan mulai dioperasikan. Bus sekolah berwarna kuning seperti di Amerika ini disediakan bagi para murid SMP dan SMA. Fasilitas ini sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Jakarta, para siswa penumpang tidak dipungut biaya apapun. Dinas Perhubungan akan mengeluarkan kartu ID khusus bagi para siswa.

Ada empat rute utama:
1. Kemayoran-Lapangan Banteng - lima bus dan delapan halte (jl. Dr Sutomo dekat Pasar Baru; jl. Angkasa dekat Pospol; jl. Yos Sudarso dekat jl. Plumpang)
2. Pulo Gadung-Tanjung Priok - lima bus dan sembilan halte.
3. Taman Mini-Kampung Melayu - lima bus dan 13 halte. Transfer rute tiga dengan rute penghubung satu berada di halte BKN di jl. Mayjen Sutoyo dan di halte Perumnas di jl Mayjen DI Pandjaitan depan Halim Perdanakusumah.
4. Pasar Minggu-Blok M - lima bus dan delapan halte. Titik transfer dengan rute penghubung sat di Halte Jamsostek jl. Gatot Subroto.

Dua rute penghubung yang bersinggungan dengan halte-halte di ke-empat rute utama itu:

[p1] Cawang - Grogol melalui Jalan Kyai Tapa-Letjen S Parman-Gatot Subroto-MT Haryono-Mayjen DI Pandjaitan-Mayjen Sutoyo kembali melewati MT Haryono-Jalan Gatot Subroto-S Parman dan Kyai Tapa.
[p2] Cawang - Plumpang melalui Jalan Mayjen DI Pandjaitan-Jend Ahmad Yani-Yos Sudarso (berputar di putaran Plumpang)-Jl Yos Sudarso-Jl Jend Ahmad Yani-Mayjen DI Pandjaitan-Mayjen Sutoyo (berputar menuju Yos Sudarso).

Jam operasi bus sekolah tidak sepanjang hari, melainkan pada jam-jam keberangkatan dan kepulangan siswa: jam 05:00-07:00; 10:00-13:00; dan 16:00-18:00.
Kapasitas bus: 23 duduk dan 16 berdiri, dilengkapi AC, dan berbahanbakar biodiesel.

Ini berarti akan dimulainya kultur baru bagi setiap keluarga yang memiliki anak siswa SMP dan SMA. Seperti biasa, panduan, sosialisasi dan uji cobanya tidak terasa oleh masyarakat. Dan kegagapan, trial and error, dipastikan akan terjadi lagi yang sedikit banyak akan mempengaruhi hidup jutaan manusia Jakarta.

Selamat datang dan terimakasih bus sekolah. Mari kita jaga dan pelihara agar berjalan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

1 comment:

Anonymous said...

UNTUK PEMERINTAH YANG TERHORMAT :
KAMI PARA PELAJAR SANGAT MEMOHON DAN BERHARAP AGAR BUS SEKOLAH JANGAN DITARIK DARI PEREDARAN. UNTUK APA?? BUS SEKOLAH DIADAKAN KALAU PADA AKHIRNYA HILANG JUGA DARI PEREDARAN. LEBIH BAIK KALAU DITAMBAH LAGI TEMPAT BEROPERASINYA BUS SEKOLAH, AGAR SEMUA PARA PELAJAR DAPAT MENIKMATI FASILITAS YANG DIBERIKAN OLEH PEMERINTAH. KAMI PARA PELAJAR SANGAT MEMOHON KEPADA PEMERINTAH AGAR JANGAN MENGECEWAKAN SEMUA MASYARAKAT TERUTAMA PARA PELAJAR YANG MERASA NYAMAN DENGAN ADANYA FASILITAS PEMERINTAH YAITU BUS SEKOLAH.

ATAS PERHATIAN DAN KEBIJAKSANAANYA KAMI PARA PELAJAR MENGUCAPKAN TERIMA KASIH.